PENCARIAN

Jumat, 08 Agustus 2014

DEFINISI HARDWARE

Hardware, Central Processing Unit (CPU), Control Unit (CU), Register, Arithmetical Logical Unit (ALU), Input Device, Output Device

Saya akan membagikan sedikit penjelasan tentang apa itu hardware dan komponen apa saja yang ada didalamnya. Hardware komputer adalah sekumpulan perangkat keras yang ada dalam komputer. Hardware merupakan salah satu elemen dari sistem komputer, suatu alat yang bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi. Hardware komputer terdiri dari beberapa komponen utama, yaitu CPU ( Central Processing Unit ), input device, dan output device.


1. Central Processing Unit (CPU)
CPU merupakan perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak (disebut microprocessor). CPU terdiri dari bagian-bagian penting, yaitu :

a. Control Unit (CU)
Control unit merupakan bagian yang bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antarkomponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya, termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi-instruksi dari memori utama menentukan jenis instruksi tesebut, bila ada instruksi untuk penghitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU (arithmetical logical unit), hasil dari pengolahan data dibawa leh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alar output.
b. Register
Resgister merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses.
memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjtnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
c. Arithmetical Logical Unit (ALU)
ALU kependekan dari Arithmetical Logical Unit adalah unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmerika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. 

2. Input Device (Alat Input)

Merupakan perangkat yang berfungsi untuk masukan, dan sering disebut juga dengan istilah input unit, alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukan data juga untuk memasukan program.

3. Output Device ( Alat Ouput)

Piranti yang berfungsi mengolah hasil keluaran dari suatu proses baik berupa data maupun berbentuk informasi yang telah diolah. Merupakan aktifitas menerima data dari hasil pengolahan pada bagian pemroses. Jika terdapat data pada aktifitas output ini, berarti pemroses menyerahkan tugas yang diterima dari pemroses tadi. Pada komputer, contoh output device ini adalah printer (pencetak). Ketika data output dari pemroses diterimanya maka printer akan melaksanakan tugas yang diterima dari pemroses tadi.

Ditulis Oleh : Unknown // 10.48
Kategori:

1 komentar: