PENCARIAN

Minggu, 10 Agustus 2014

CARA MUDAH INSTALASI LINUX - UBUNTU

 
Try Ubuntu without Installing,  Install Ubuntu, Install Ubuntu in text mode, Check disk for defect, Test memory, Boot from first harddisk, Rescue a broken system, Cara Mudah Instalasi Linuk - Ubuntu, Erase and use the entire disk, forward, Specify partitions maually (advanced), Restart Now, Ubuntu, Linux

 

Dipostingan kali ini saya akan membahas Cara Mudah Instalasi Linuk - Ubuntu di komputer kalian, linux ini mendukung support pemakaian hingga 3 tahun, selama itu kita akan mendapatkan update gratis dan dukungan dari Ubuntu untuk bug error serta beberapa aplikasi lainnya. Ubuntu adalah sistem operasi yang gratis, dengan tampilan keindahan seperti OS lainnya dan powerfull seperti sistem operasi server. Kalian bisa menggunakan Ubuntu tanpa biaya sepeserpun, kalian wajib mencoba sistem operasi ini dengan alasan :

  • Bebas biaya.
  • Stabilitas yang baik.
  • Jarang terkena virus.
  • Semua aplikasi yang diberikan secara gratis.

Sebelum melakukan Instalasi Ubuntu, back-up seluruh isi Harddisk ke media lain., untuk menjaga jika salah membuat partisi, baik lah langsung saja kita ke pokok pembasan, langkah -langkah yang diperlu anda lakukan :

1. Anda dapat mendownload ISO file nya di www. ubuntu.com.

2. Burning file ISO hasil download dengan aplikasi CD/DVD burning kalian seperti NERO, CDBurner XP, ROXIO, pada CD/DVD blank dengan menggunakan speed serendah mungkin.

3. Saat menyalakan komputer, jangan lupa atur pengaturan bios kalian ubah posisi boot sequence/booting pertama sistem pada posisi pembacaan CD untuk pertama kalinya. Simpan perubahan boot dan komputer akan melakukan restart.


Keterangan :

a. Try Ubuntu without Installing. Pilih opsi ini jika anda hanya sekedar mencoba-coba tanpa menggangu sistem operasi yang sudah anda miliki sebelumnya. Ubuntu berjalan langsung melalui CD.
b. Install Ubuntu. Pilih opsi ini jika anda yakin akan meng-install Ubuntu pada komputer kalian.
c. Install Ubuntu in text mode. Gunakan opsi ini jika anda telah mahir dalam melakukan instalasi menggunakan command line linux.
d. Check disk for defect. Melakukan pemerikasaan pada CD sebelum instalasi.
e. Test memory. Lakukan opsi ini jika anda yakin ingin mengetahui terlebih dahulu apakah ada bug/error pada memori yang digunakan.
f. Boot from first harddisk. Pilihan ini berarti akan mem-bypass CD Ubuntu dalam melakukan proses kerjanya.
g. Rescue a broken system. Opsi ini hanya digunakan jika suatu saat Ubuntu yang anda gunakan error/bermasalah.

4. Pilih waktu dan lokasi anda.
5. Pilih layout keyboard yang digunakan. Biasanya keyboard yang kita gunakan hampir sama dengan produk USA.
6. Lakukan konfigurasi partisi harddisk. Jika anda yakin instalasi akan dilakukan tanpa melihat isi harddisk sebelumnya, pilih Erase and use the entire disk, akan tetapi jika anda akan membagi partisi secara manual, pilih Specify partitions maually (advanced)
7. Untuk instalasi linux, anda bisa menggunakan konfigurasi dibawah ini, dan bisa juga disesuaikan dengan besarnya harddisk yang anda gunakan. Setelah selesai klik forward untuk melajutkan proses instalasi.

a. /dev/sda1=swap=1003 Megabbyte = 2x jumlah fisik memori (512 MB).
b. /dev/sda2=ext4=/boot (nama pastisinya)=197 MB.
c. /dev/sda5=ext4=/(baca direktori root), berisikan file-file sistem linux, seperti direktori windows pada sistem operasi Microsoft.
d. /dev/sda6=ext4=/data, pastisi yang kita buat untuk data.

8. Isi form username, password  dan pemberian nama pada komputer yang nantinya akan digunakan untuk pengenalan komputer pada jaringan, klik Forward.
9. Sistem akan memberikan report konfigurasi yang telah kita lakukan. Klik Install untuk memulai proses intalasi. Ikuti terus petunjuk gambar sampai komputer meminta untuk di-restart lalu klik Restart Now.
10.Komputer selesai restart, muncul tampilan login, masukan username yang sudah anda buat tadi, klik login.

Instalasi telah selesai dilakukan, langkah selanjtnya adalah proses update dimana kalian akan mendapatkan update terbaru, patch, dan update tools gratis lainnya. Adapun syarat adalah anda harus memiliki repository (CD berisikan program-program yang diberikan Ubuntu ). Jika kalian tidak memilikinya, usahakan komputer bisa koneksi dengan Internet.


Demikian sedikit penjelasan dari saya bagaiamana cara melakukan Instalasi pada OS Ubuntu atau Linux, semoga apa yang saya berikan dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua.

Ditulis Oleh : Unknown // 10.29
Kategori:

1 komentar: